• Sebuah Perjalanan

    Perjalanan apapun, dimulai dari sebuah langkah kecil.

  • Singha Barwang

    Singha Barwang / Macan Ali adalah simbol kerajaan di Cirebon. Merupakan kaligrafi berbentuk seekor singa.

  • Makrifatullah

    MAKRIFAT IALAH :Mengenal Allah SWT.pada Zat-nya,pada Sifat-nya,pada Asma'nya dan pada Af'al-nya.

  • Rajah Kalacakra

    Ilmu Rajah KalaCakra merupakan ilmu untuk menyerang makhluk halus yang mengganggu kita.

  • Abdul Jabbar

    لا فتى إلا علي ولا سيف إلا ذوالفقار

Thursday, July 14, 2011

Apa itu Al-Hikmah




Ilmu Al-Hikmah bukan Ahli Hikmah, bukan Hijib, bukan Kontak.

Ahli Hikmah ialah ilmu yang menggunakan kitab Aufak, sedangkan yang dinamakan dengan Hijib ialah yang mengamalkan puasa dan wiridan. Adapun yang dimaksud dengan Kontak ialah mereka yang memasukan benda-benda tertentu kedalam tubuh seseorang seperti sambatan, susuk dan benda-benda keras lainnya.

Sedangkan ilmu Al-Hikmah menurut hukum, adalah “Sirrullah”, yaitu contoh-contoh akhir kalam: “Barang siapa mengucap Laa Ilaha Illallah diakhir ucapan, maka jaminannya masuk surga” itu diakhirat, sedangkan di dunianya dicontohkan dengan ilmu Al-Hikmah Al-Hikmah yang bergerak di perut itu “laa illaha ilallah“ yang bergerak ditangan “muhammadurrasulullah“ karena ditangan adalah utusan Allah.

Kenapa Harus Al-Hikmah Karena mungkin tidak ada ilmu seindah dan semudah ilmu Al-Hikmah, indah karena cukup menyebut nama Allah mudah karena hanya mengeraskan perut, maka sudah mencakup seluruh tujuan. Misalnya untuk menghindari seluruh mahluk Allah yang berniat jahat atau untuk pengobatan.

Kenapa indah? Karena likalimatin thoyibah “laa illaha ilallah“, bahwa tidak ada kalimat sebagus dan seindah kalimat “laa illaha ilallah“, yang bergerak di perut dalil akhirul kalam “laa illaha ilallah dakholal janah“, untuk menyelamatkan kita diakhirat, sedangkan yang bergerak di tangan “ya abdul jabar”, yang disebut tingkat dua untuk menyelamatkan kita di dunia. Kalimat “abdul jabar” dari gerakan tangan atau yang disebut “muhammadur rasulullah“,

menurut ulama dalam kitab tafsir showi itu adalah bahasa ahli neraka yang tertolong oleh nabi Muhammad S.A.W. setelah diangkat ke surga, mereka memberi julukan “ya abdul jabar“ kepada nabi Muhammad S.A.W., tetapi dikitab lain “ya abdul jabar“ itu merupakan julukan malaikat izra’il yang diberikan oleh ahli surga yang tidak merasakan neraka.


Categories:
 
  • Ceriwis

    Ceriwis
    Forum Gaul
  • Follower

  • About Me

    My photo
    It's Not Who I Am Underneath, but what I do that defines me.