• Sebuah Perjalanan

    Perjalanan apapun, dimulai dari sebuah langkah kecil.

  • Singha Barwang

    Singha Barwang / Macan Ali adalah simbol kerajaan di Cirebon. Merupakan kaligrafi berbentuk seekor singa.

  • Makrifatullah

    MAKRIFAT IALAH :Mengenal Allah SWT.pada Zat-nya,pada Sifat-nya,pada Asma'nya dan pada Af'al-nya.

  • Rajah Kalacakra

    Ilmu Rajah KalaCakra merupakan ilmu untuk menyerang makhluk halus yang mengganggu kita.

  • Abdul Jabbar

    لا فتى إلا علي ولا سيف إلا ذوالفقار

Tuesday, June 8, 2010

Dzikir Pernafasan Tadabbur Qur'an

Al-Qur’an penuh dengan kalimat hikmah yang dapat digunakan untuk menterapi diri hingga memiliki ahlak sempurna sebagaimana ahlak Rasulullah. Ketika Aisah ditanya tentang ahlak Rasulullah ia menjawab bahwa ahlak Rasulullah adalah Al-Qur’an. Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam bukan sekedar untuk dibaca dan dilagukan dengan irama yang indah menarik, tapi untuk ditanamkan didalam hati dan dijadikan sikap hidup.

Dzikir pernapasan tadabbur Qur’an adalah salah satu cara untuk menghunjamkan Qur’an kedalam fikiran bawah sadar dan hati hingga mampu membentuk pola fikir dan kepribadian sesuai dengan Al-Qur’an. Bacaan Qur’an dan do’a semua dibaca didalam hati tidak dijaharkan dan dilakukan dengan tehnik olah napas, sehingga didapat konsentrasi yang maksimal dan peningkatan kadar oxigen dan energi didalam tubuh.

Dzikir pernapasan tadabbur Qur’an caranya sama dengan dzikir pernapasan asmaulhusna. Ketika menarik napas baca kalimat hasbalah : “Hasbiayallahu wani’mal wakiil, ni’mal maula wa ni’man nashir. Wakafa billahi waliyya , wakafa billahi syahida, wakafa billahi wakiila, wakafa billahi nashiroo ( Cukup Allah bagiku Dia sebaik baik pelindung, sebaik baik pemimpin dan sebaiki baik penolong. Cukup Allah sebagai pemimpin, cukup Allah sebagai saksi, cukup Allah sebagai pelindung, cukup Allah sebagai penolong). “

Kalimat hasbalah diatas bisa juga diganti dengan dua kalimah syahadat dan sholawat Nabi seperti yang dibaca ketika duduk tahiyat akhir.

Ketika menahan napas baca ayat ayat pilihan yang akan ditadabburi , misalnya Al Baqarah 157

al-baqarah-257

Allahu waliyulladzii amanu yukhrijuhum minadzulumaati ilannuur , walladziina kafaru auliyaa uhumutthoghutu yukhrijuunahum minannuuri iladzuulumaati. Ulaaika ashabunnari hum fiiha khooliduun

Allah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah setan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan (kekafiran). Mereka itu adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya. (Al Baqarah 257)


Ketika menghembuskan napas , baca do’a sebagai berikut :

“ Ya Allah Engkaulah pemimpin kami yang mengeluarkan kami dari kegelapan kepada cahaya terang benderang. Keluarkan kami dari kegelapan kepada cahaya-Mu , keluarkan kami dari kesempitan kepada kelapangan, dari kehinaan kepada kemuliaan, dari kesulitan kepada kemudahan. Jangan Kau masukan kami kedalam golongan orang kafir, yang Kau jerumuskan kedalam neraka jahanam-Mu. Perkenankan permohonan kami ini ya Allah. “

Ayat yang dibaca ketika menahan nafas dipilih ayat yang bisa ditadabburi seperti surat An Nur 35, 55, Fathir 2, Al A’raaf 179. Bisa juga surat pendek seperti Al-Falaq, An Nas, An Nashr, Al Qori’ah, Al Zalzalah, Al Insyirah dan seterusnya. Do’a yang dibaca disesuaikan dengan maksud ayat yang dibaca seperti pada contoh diatas.

Dzikir tadabbur Qur’an dengan surat Al Falaq bermanfaat untuk melindungi diri dan keluarga dari berbagai kejahatan mahluk ciptaan Allah:


Ketika menarik napas baca didalam hati dua kalimah syahadat dan sholawat Nabi seperti pada duduk tahiyat akhir.

Ketika menahan napas baca surat Al-Falaq.

Ketika menghembuskan napas baca : “ Ya Allah aku berlindung kepada Engkau yang menguasai waktu subuh, dari kejahatan mahluk ciptaanMu, dari kejahatan malam apabila telah gelap, dari kejahatan tukang sihir yang meniup pada simpul tali dan dari kejahatan orang yang dengki apabila menyatakan kedengkiannya “

Dzikir pernapasan tadabbur Qur’an ini sangat bermanfaat untuk menterapi diri agar berahlak sesuai dengan ahlak Qur’an. Ayat yang dibaca akan menghunjam kedalam hati dan menjadi sikap hidup. Do’a yang dibaca juga terasa lebih khusuk karena sesuai dengan ayat Qur’an yang dibaca. Pada pelatihan yang kami adakan anda akan dilatih tehnik pengolahan napas yang tepat dan benar dalam melakukan dzikir dengan tadabbur Qur’an ini , dan memusatkan fikiran serta perasaan pada ayat dan do’a yang dibaca.

Ikutilah pelatihan yang kami adakan sesuai jadwal yang kami sampaikan diblog ini, insya Allah dalam waktu yang tidak terlalu lama jika anda rajin melakukan latihan anda akan merasakan manfaat yang banyak. Anda akan mendapatkan berbagai hal yang dijanjikan Allah bagi orang yang selalu berdzikir dan berdo’a pada-Nya. Ampunan Allah, Rahmat-Nya, Kemuliaan, Kemudahan dan kelapangan hidup, Ketenangan, kenyamanan, Kesehatan, Rezeki, dan berbagai hal yang anda inginkan didunia dan akhirat ,insya Allah akan anda dapatkan sesuai dengan apa yang dijanjikan Allah didalam Al-Qur’an.

Berbagai ayat pilihan untuk berbagai manfaat yang anda inginkan , dapat anda down load dari blog ini. Untuk dapat merasakan manfaat dari ayat Qur’an tersebut sebaiknya anda terlebih dahulu mengikuti pelatihan dzikir pernapasan tadabbur Qur’an yang kami adakan sesuai jadwal yang kami cantumkan diblog ini.

Firman Allah dalam surat Al nIsraak 82:

“Wanunazzilu minal Qur’aani maahuwa syifaa uwwarahmatul lilmukminin…..kami turunkan didalam Qur’an sesuatu yang menjadi obat dan rahmat bagi orang mukmin”

Categories:
 
  • Ceriwis

    Ceriwis
    Forum Gaul
  • Follower

  • About Me

    My photo
    It's Not Who I Am Underneath, but what I do that defines me.