• Sebuah Perjalanan

    Perjalanan apapun, dimulai dari sebuah langkah kecil.

  • Singha Barwang

    Singha Barwang / Macan Ali adalah simbol kerajaan di Cirebon. Merupakan kaligrafi berbentuk seekor singa.

  • Makrifatullah

    MAKRIFAT IALAH :Mengenal Allah SWT.pada Zat-nya,pada Sifat-nya,pada Asma'nya dan pada Af'al-nya.

  • Rajah Kalacakra

    Ilmu Rajah KalaCakra merupakan ilmu untuk menyerang makhluk halus yang mengganggu kita.

  • Abdul Jabbar

    لا فتى إلا علي ولا سيف إلا ذوالفقار

Friday, August 20, 2010

Ucapan-Ucapan Singkat Imam Ali (Bag. 1)

* Bergaullah dengan cara yang mengundang ratap tangis orang bila kau meninggal dunia, dan tariklah simpati mereka selama kau hidup bersama mereka.

* Bila kau beroleh kemenangan atas musuhmu,jadikanlah pengampunanmu atas dirinya sebagai ungakapan rasa syukur atas kemenangan itu.

* Sebodoh – bodohnya manusia ialah yang tidak mampu beroleh kawan kawan untuk dirinya , namun yang lebih bodoh lagi ialah yang menyebabkan perginya mereka yang telah diperolehnya .

* Orang yang tertinggal disebabkan kurang amalnya , takkan dapat menyusul dengan kemuliannya nasabnya.

* Hai anak adam , ingat dan waspadalah bila kaulihat tuhanmu terus menerus melimpahkan nikmat atas dirimu, sementara kau terus menerus mengerjakan maksiat terhadapnya.

* Bila keadaanmu makin mundur sedangkan maut terus dating mengejar dibelakangmu,alangkah cepatnya pertemuan akan terjadi.

* Orang yang berbuat kebaikan adalh lebih baik daripada kebaikan itu sendiri; dan yang berbuat kejahatan adalah lebih jahat daripada kejahatan itu sendiri.

* Wahai anakku,jangan sekali- kali memilih seorang bodoh sebagai kawan karibmu,sebab ia hanya akan mendatangkan kesulitan bagimu sementara ia justru ingin menolongmu.Jangan kaujadikan seorang bakhil sebagai temanmu,sebab ia akan menjauhkan diri darimu justru pada sat kau sangat membutuhkannya.Jangan berkawan dengan dengan orang yang berbudi rendah ,sebab ia akan menjualmu dengan semurah murahnya harga.Dan jangan berteman dengan seorang pendusta,sebab ia sama aja dengan fatamorgana ,mendekatkan bagimu yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

* Lidah orang berakal dibelakang hatinya,dan hati orang bodoh berada dibelakang lidahnya.

* ( Kepada seorang sahabat yang sedang menderita sakit, Imam Ali berkata ) : Semoga Allah menjadikan sakit yang kau keluhkan itu sebgai penyebab gugurnya dosa dosamu.Kendatipun sesungguhnya tidak ada pahala disediakan bagi penderitaan karena sakit , namun hal itu dapat menggugurkan dosa dosa seperti gugurnya daun daun kering dari pohon.Adapun pahala pahala hanyalah disediakan bagi kebaikan ucapan lidah atau perbuatan tangan dan kaki. Dan Allah SWT memasukkan siapa yang dikehendaki nya ke dalam surga dengan adanya niat yang tulus dan hati yang bersih .

* Suatu perbuatan buruk yang kau sesali lebih utama disisi Allah daripada perbuatan baik yang membuatmu bangga akan dirimu.

* Nilai seorang sesuai dengan kadar tekadnya.Ketulusannya sesuai dengan kadar kemanusiaannya .Keberaniannya sesuai dengan kadar penolakannya terhadap perbuatan kejahatan.Dan kesucian hati nurani nya sesuai dengan kadar kepekaannya akan kehormatan dirinya.

* Barangsiapa berlebih lebihan dalam berangan angan (tentang ampunan Allah) dikhawatirkan akan banyak berburuk laku .

* Jadilah seorang dermawan , tetapi jangan menjadi pemboros. Jadilah seorang yang hidup sederhana , tetapi jangan menjadi seorang kikir.

* Semulia mulia kekayan milik pribadi ialah meninggalkan banyak keinginan.

* Kemengan diperoleh dengan kebijakan. Kebijakan diperoleh dengan berfikir secara mendalam dan benar. Pikiran yang yang benar ialah dengan menyimpan baik baik segala rahasia.

* Hati manusia bagaikan binatang liar. Barangsiapa sungguh sungguh berupaya untuk menjinakkan nya ,ia pasti akan mendekat jg.

* Semua cacar dirimu tetap tertutup dan tersembunyi selama nasib mujur masih bersamamu.

* Yang paling patut mengampuni ialah orang yang paling memiliki kemampuan untuk menghukum.

* Kedermawanan yang sebenarnya ialah yang dilakukan secara spontan. Adapun jika didahului oleh permintaan,maka yang demikian itu hanya lah penutup rasa malu atau upaya penyelamtan diri dari celaan dan perasaan berdosa.

Categories:
 
  • Ceriwis

    Ceriwis
    Forum Gaul
  • Follower

  • About Me

    My photo
    It's Not Who I Am Underneath, but what I do that defines me.